Wednesday 26 July 2017

Hukum Forex Trading Dalam Islam Nama


Hukum forex menurut islam Perdagangan valuta asing timbul karena adanya perdagangan barang-barang kebutuhan / komoditi antar negara yang bersifat internasional. Perdagangan (Ekspor-Impor) ini tentu memerlukan alat bayar yaitu uang yang-Masing Masing negara mempunyai ketentuan Sendiri dan berbeda satu sama Mistos sesuai dengan penawaran dan permintaan diantara negara-negara tersebut sehingga Timbul PERBANDINGAN Nilai MATA uang antar negara. Perbandingan Nilai mata uang antar negara terkumpul dalam Suatu BURSA atau PASAR yang bersifat internasional dan terikat dalam Suatu kesepakatan bersama yang Saling menguntungkan. Nilai mata uang suatu negara dengan negar lainnya ini berubah (berluktuasi) setiap saat sesuai volume permintaan dan penawarannya. Adanya permintaan dan penawil inilah yang menimbulkan transaksi mata uang. Yang secara nyata hanyalah tukar-menukar mata uang yang berbeda nilai. Dalam bukunya Prof. Drs. Masjfuk Zuhdi yang berjudul MASAIL FIQHIYAH Kapita Seleta Hukum Islam, diperoleh bahwa Forex (Perdagangan Valas) diperbolehkan dalam hukum Islam. HUKUM ISLAM dalam TRANSAKSI VALAS 1. Ada Ijab-Qobul: 8212gt Ada perjanjian untuk memberi dan menerima Penjual menyerahkan barang dan pembeli membayar tunai. Ijab-Qobulnya dilakukan dengan lisan, tulisan dan utusan. Pembeli dan penjual mempunyai wewenang Penuh m elaksanakan dan melakukan tindakantindakan hukum (dewasa dan berpikiran Sehat) 2. Memenuhi syarat menjadi objek transaksi yaitu jual-beli: Suci barangnya (najis bukan) Dapat dimanfaatkan Dapat diserahterimakan Jelas Barang dan harganya Dijual (dibeli) Oleh pemiliknya Sendiri atau kuasanya atas izin pemiliknya Barang sudah berada ditangannya jika barangnya diperoleh dengan imbalan Perlu ditambahkan pendapat Muhammad Isa, bahwa jual beli Saham itu diperbolehkan dalam agama. 8220Jangan kamu membeli ikan dalam ar, karena sesungguhnya jual beli eang demikian itu mengandung penipuan8221. (Hadis Ahmad bin Hambal dan Al Baihaqi dari Ibnu Mas8217ud) Jual beli Barang yang tidak di tempat transaksi diperbolehkan dengan syarat Harus diterangkan SIFAT-sifatnya atau CIRI-cirinya. Kemudiano jika barang sesuai dengan keterangan penjual, maka sahlah jual belinya. Tetapi jika tidak sesuai, maka, pembeli, mempunyai, hak, khiyar, artinya, boleh, meneruskan, atau, membatalkan, jual belinya. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Daraquthni dari Abu Hurairah: Barang Siapa yang membeli sesuatu yang ia tidak melihatnya, maka ia berhak khiyar jika ia telah melihatnya8221. Jual beli Hasil tanam yang terpendam masih, ketela seperti, kentang, Bawang dan sebagainya juga diperbolehkan, asal diberi contohnya, Karena akan mengalami kesulitan atau kerugian jika Harus mengeluarkan Semua Hasil Tanaman yang terpendam untuk dijual. Hal ini sesuai dengan kaidah hukum Islã: Kesulitan itu menarik kemudahan. Demikian juga jual beli barang-barang yang telah terbungkus / tertutup, seperti makanan kalengan, LPG, dan sebagainya, asalkam diberi etiqueta yang menerangkan isinya. Vide Sabiq, op. Cit. Hal 135. Mengenai teks kaidah hukum Islão tersebut di atas, vide Al Suyuthi, Al-Asbah al-Nadzair, Mesir, Mustafa Muhammad, 1936 hal. 55. JUAL BELI VALUTA ASSISTENTE DAN SAHAM Yang dimksud dengan valga asing adalah mata uang luar negeri seperi dolar Amerika, ingrediente libras, ringgit Malásia dan sebagainya. Apabila antara negara terjadi perdagangan internasional maka tiap negara membutuhkan valuta asing untuk alat bayar luar negeri yang dalam dunia perdagangan disebut devisa. Misalnya eksportir Indonésia Azerbaijão Azerbaijão Azerbaijão Azerbaijão Pedido de Propostas Aviso de pré - Dengan demikian akan timbul pena de permintaan di bursa valuta asing. Setiap, negara, berwenang, penuh, menetapkan, kurs, uangnya, masing-masing (kurs, adalah, perbandingan, nilai, uangnya, terhadap, mata uang, asing), misalnya 1 dolar Amerika Rp. 12.000. Namun kurs uang atau perbandingan nilai tukar setiap saat bisa berubah-ubah, tergantung pada kekuatan ekonomi negara masing-masing. Kurs Pencatatan uang dan transaksi jual beli valuta asing diselenggarakan di Bursa Valuta asing (AWJ Tupanno, et al Ekonomi dan Koperasi, Jacarta, Depdikbud 1982, hal 76-77..) fatwa MUI TENTANG PERDAGANGAN Valas Fatwa Dewan Syari8217ah Nasional Majelis Ulama Indonésia Nenhuma: 28 / DSN-MUI / III / 2002, tentáculo Jual Beli Mata Uang (Al-Sharf). MENIMBANG: 1. Bahwa dalam sejumlah kegiatan unguk memenuhi berbagai keperluan, seringkali diperlukan transaksi jual-beli mata uang (al-sharf), baik antar mata uang sejenis maupun antar mata uang berlainan jenis. 2. Bahwa dalam 8216urf tijari (tradição perdagangan) transaksi jual beli mata uang dikenal beberapa bentuk transaksi yang estado hukumnya dalam pandang ajaran islão berbeda antara satu bentuk dengan bentuk lain. 3. Bahwa agar kegiatan transaksi tersebut, dilakukan, sesuai, dengan ajaran islam, DSN memandang perlu menetapkan fatwa tentang al-Sharf untuk dijadikan pedoman MENGINGAT: 8220Firman Allah, QS. Al-Baqarah2: 275: 82208230Dan Allah telah menghalalkan jual beli mengharamkan dan riba82308221 8220Hadis nabi riwayat al-Baihaqi dan Ibnu Majah dari Abu Sa8217id al-Khudri. Rasulullah SAW bersabda, 8216Sesungguhnya jual beli itu hanya boleh dilakukan atas dasar kerelaan (antara kedua belah pihak) 8217 (al-baihaqi dan Ibnu Majah, dan dinilai shahih oleh Ibnu Hibban). 8220Hadis Nabi Riwayat Muçulmano, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa8217i, dan Ibn Majah, dengan teks muçulmanos dari 8216Ubadah bin Shamit, Nabi s. a.w bersabda: 8220 (Juallah) emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum. Sya8217ir, dengan, sya8217ir, kurma, dengan, kurma, dan garam, dengan, garam, (denga syarat, harus), sama dan sejenis, serta secara tunai. Jika jenisnya berbeda, juallah sekehendakmu jika dilakukan secara tunai.8221 8220Hadis Nabi riwayat muçulmana, Tirmidzi, Nasa8217i, Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad, dari Umar bin Khattab, Nabi viu bersabda: 8220 (Jual-beli) emas dengan perak adalah riba kecuali (dilakukan) secara tunai.8221 8220Hadis Nabi riwayat muçulmana dari Abu Sa8217id al-Khudri, Nabi viu bersabda: Janganlah kamu menjual emas dengan emas kecuali sama (nilainya) dan janganlah menambahkan sebagian atas sebagian yang deitado janganlah menjual perak dengan perak kecuali sama ( Nilainya) dan janganlah menambahkan sebagaian atas sebagian yang lain dan janganlah menjual emas dan perak tersebut yang tidak tunai dengan yang tunai. 8220Hadis Nabi riwayat muçulmano dari Bara8217 bin 8216Azib dan Zaid bin A rqam. Rasulullah viu melarang menjual perak dengan emas secara piutang (tidak tunai). 8220Hadis Nabi riad Tirmidzi dari Amr bin Auf. Perjanjian dapat dilakukan di antara kaum Muslimin, kecuali perjanjian yang mengharamkan yang atau halal menghalalkan yang haram dan kaum Muslimin terikat dengan syarat-syarat mereka kecuali syarat yang mengharamkan yang atau halal menghalalkan yang haram.8221 MEMPERHATIKAN: 1. Surat dari pimpinah Unidade Usaha Syariah Banco BNI no. UUS / 2/878 2. Pendapat peserta Rapat Pleno Dewan Syari8217ah Nasional pada Hari Kamis, tanggal 14 Muharram 1423H / 28 de março de 2002. MEMUTUSKAN Dewan Syari8217ah Nasional Menetapkan. FATWA TENTANG JUAL BELÍ MATA UANG (AL-SHARF). Pertama. Ketentuan Umum Transaksi jual beli mata uang pada prinsipnya boleh dengue ketentuan sebagai berikut: 1. Tidak untuk spekulasi (untung-untungan). 2. Ada kebutuhan transats atau untuk berjaga-jaga (simpanan). 3. Apabila transaksi dilakukan terhadap mata uang sejenis maka nilainya, harus sama, dan secara tunai (at-taqabudh). 4. Apabila berlainan jenis maka, harus, dilakukan, dengan, nilai, tukar (kurs), yang, berlaku, pada saat transaksi dan secara tunai. Kedua. Jenis-jenis transaksi Avaliação do conteúdo: Todos Descrição 1. Transaksi SPOT, yayu transaksi pembélian dan penjualan valuta asing untuk penyerahan pada saat itu (sobre o balcão) atau penyelesaiannya paling lambat dalam jangka waktu dua hari. Hukumnya adalah boleh, karena dianggap tunai, sedangkan waktu dua hari dianggap sebagai proses penyelesaian yang tidak bisa dihindari dan merupakan transaksi internasional. 2. Transaksi FORWARD, o transas do pereira de yaitu que penjualan valas yang nilainya ditetapkan pada saat sekarang dan diberlakukan untuk waktu yang akan datang, antara 221524 jam sampai dengan satu tahun. Hukumnya adalah haram, Karena harga yang digunakan adalah harga yang diperjanjikan (muwa8217adah) dan penyerahannya dilakukan di kemudian hari, padahal harga pada waktu penyerahan tersebut Belum tentu sama dengan Nilai yang disepakati, kecuali dilakukan dalam bentuk frente acordo untuk kebutuhan yang tidak dapat dihindari (lil Hajah). 3. Transaksi SWAP yaitu suatu kontrak pembeliano atau penjualan valas dengan harga ponto yang dikombinasikan dengan pembeliano antara penjualan valas yang sama dengan harga para a frente. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). 4. TRANSAKSI OPÇÃO Yayu kontrak untuk memperoleh hak dalam rangka membeli atau hak untuk menjual yang tidak harus dilakukan atas sejumlah unidade valuta asing pada harga dan jangka waktu atau tanggal akhir tertentu. Hukumnya haram, karena mengandung unusru maisir (spekulasi). Ketiga. Fatwa ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengue ketentuan jika de kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan, akan diubah dan disempurnakan sebagaimana mestinya. Ditetapkan di. Jacarta Tanggal. 14 Muharram 1423 H / 28 Maret 2002 M DEWAN SYARI8217AH NASIONAL MAJELIS ULAMA INDONESIAHukum Negociação Forex Menurut Islam Hukum Negociação Forex Menurut Islã - Anda yang membaca artigo ini tentunya memiliki perasaan yang bisa dibilang foi-era, ragu atau semacamnya. Introdução a Bisnis Online Trading Forex, tentou timbul pertanyaan di benak hati Anda yang paling dalam, apakah negociação forex itu halal atau haram. Sebagai seorang muçulmano yang awam, tentunya kita tidak, bisa, langsung, menafsirkan, sesuatu, itu, halal, ataukah, haram. Tanyakan lah, pada, yang, paham, betul, tentam, agam, atau, jika, andaluza, maniak, online, tentunya, tidak, salah, mencarinya, mbah, gugel. Karena Bisnis yakin ada blog yang membahasnya, salah satunya adalah blog ini. Hukum Negociação Forex Menurut Islã Kembali ke topik kita tentang Hukum Negociação Forex menurut Islã. Prinsip umum negociação forex disamakan dengan jual beli emas atau perak seperti yang yang berlaku pada masa Rasulullah, yakni harus dilakukan dengan kontan atau tunai naqdan ágar bebas dari transaksi ribawi riba fadhl. Rasulullah SAW bersabda: Emas hendakla dibayar dengan emas, perak dengan perak, barli dengan barli, syair dengan syair (jenis gandum), kurma dengan kurma dan garam dengan garam dalam hal sejenis dan sama haruslah secara kontan (yadan biyadin / naqdan). Maka apabila berbeda jenisnya, jual lah, sekehendak, kalian, dengan syarat secara kontan. (HR. Muslim). Dengan berdasar pada hadits tersebut di atas, dalam kitab al-ijma hal. 58-59, Ibnu Mundhir membuat sebuah analagi tentang Hukum Negociação Forex menurut Islã. Menurutnya bisnis online negociar forex sama dengan pertukaran emas atau perak yang dalam terminologi fiqih dikenal dengan istilah Sharf yang keabsahan nya telah disepakati para ulama. Dengan, demikian, emas, atau, perak, sebagai, mata, uk, dilarang, ditukarkan, dengan, sejenisnya, misal, rupiah, dengan, rupiah, atau, dólar, dengan, dólar, kecuali, nilainya, setara, atau, sama. Jika hal ini dilakukan dikhawatirkan akan muncul potensi riba fadhl sebagaimana yang dilarang dalam hadits di atas. Namun ketika jenisnya berbeda seperti rupia ditukarkan dengan dólar atau sebaliknya, maka itu dapat dilakukan sesuai dengan harga pasar apelido taxa de mercado yang berlaku saat itu dan Harus kontan / secara langsung taqabudh fili berdasarkan kelaziman pasar (taqabudh hukmi). Perkara kontan / tunai / secara langsung ini, sebagaimana dikemukakan Ibnu Qudamah dalam kitab al-mughi, didasarkan pada kelaziman passar yang berlaku, termasuk ketika penyelesaiannya (assentamento) harus melewati beberapa jam karena harus melewati proses transaksi. Adapta-se à penetração do preço do mercado. Dalam perspektif hukum Islão, perdão berjangka komoditi (PBK), forex termasuk di dalamnya. Keabsahan transaksi jual beli berjangka ini ditentukan Oleh terpenuhinya rukun dan syarat sebagai berikut: 1. Rukun Sebagai unsur utama yang ada Harus dalam sebuah transaksi yaitu: Pihak-pihak pelaku transaksi aqid yang disebut dengan istilah muçulmana / muçulmanos ilaih Objek transaksi maqud ilaih, Barang yaitu - barang komoditi yang berjangka dan nilai tukar (ras al-mal al-salam, al-muslim fih). Kalimat transaksi sighat aqad yaitu ijab dan qabul 2. Syarat-syarat Sebagai pelengkapnya sebuah transaksi yaitu diantaranya: Persyaratan menyangkut objek transaksi yaitu bahwa objek transaksi Harus memenuhi kejelasan mengenai jenisnya, ukurannya (Kadar), sifatnya, jangka penyerahan, harga Tukar dan tempat penyerahan Persyaratan Yang harus dipenuhi oleh harga tukar al-tsaman, yayu kejelasan jenis alat tukar apakah itu dirham, dinar, rupia, dólar dsb. Bisa juga dengan barang yang dapat ditibang, disukat dsb, maka harus jelas apakah menggunakan satuan quilograma, lagoa atau lainnya Kejelasan tentang kwalitas objek transaksi, apakah kwalitas istimewa, baik, sedang atau pun buruk. Syarat di atas ditetapkan dengan Maksud menghilangkan jahalah fi al-aqd atau alasan ketidak tahuan kondisi-kondisi Barang pada saat transaksi Karena ini bisa mengakibatkan perselisihan Antara pelaku transaksi Kejelasan jumlah harga Tukar dengan demikian, hukum dan pelaksanaan PBK sampai batas-batas tertentu dapat boleh dinyatakan Diterima, atau, setidaknya, sesuai, dengan, semangat, jiwa, norma hukum, islam, dengan, menganalogikan, kepada, baía, as-salam, jual, beli, yang, terjamin, kebenarannya. Berdasarkan Tadi pembahasan, Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 28 / DNS-MUI / III / 2002 tentang kegiatan transaksi jual beli valas pada prinsipnya dibolehkan, asalkan memenuhi ketentuan sebagai berikut: 1. Tidak untuk spekulasi (Untung-untungan) 2. Ada kebutuhan transaksi Atau untuk berjaga-jaga (simpanan) 3. Apabila transaksi dilakukan terhadap mata uang sejenis maka nilainya harus sama dan secara kontan / tunai. Dan apabila berlainan jenis, maka, harus, dilakukan, dengan, nilai, tukar (kurs), yang berlaku (taxa de mercado) pada saat transaksi dilakukan. Selengkapnya Fatwa MUI tentang Negociação Forex. Kesimpulannya bisa Anda tafsirkan sendiri, yang jelas sekarang kita sudah tahu bahwa ada hukum Islão yang mengatur negociação forex ini. Hukum Negociação Forex menurut Islam ini juga diperkuat dengan adanya / keluarnya Fatwa MUI tentang Negociação Forex. Dengan begitu semua keraguan, ketidaktahuan kita terhadap hukum negociação forex ini bisa terpecahkan. Oke, mungkin sampai di sini dulu, pembahasan kali ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Terimakasih dan salam Sukses buat semuanya. ssalamualaikum Wr Wb saya ingin bertanya tentang hukum forex dan Saham menurut islão, halal atau haram Bolehkah minta cópia eletrônica tentang materi tersebut Atas perhatiannya Saya ucapkan terima kasih. Agung Sungkowo Ada perjanjian untuk memberi dan menerima Penjual menyerahkan barang dan pembeli membayar tunai. Ijab-Qobulnya dilakukan dengan lisan, tulisan dan utusan. Pembeli dan penjual mempunyai wewenang Penuh melaksanakan dan melakukan hukum (dewasa dan berpikiran Sehat) tindakan-tindakan 2. Memenuhi syarat menjadi objek transaksi yaitu jual-beli: Suci barangnya (najis bukan) Dapat dimanfaatkan Dapat diserahterimakan Jelas Barang dan harganya Dijual (dibeli) Oleh Pemiliknya sendiri atau kuasanya atas izin pemiliknya Barang sudah berada dizangannya jika barangnya diperoleh dengan imbalan. Perlu ditambahkan pendapat Muhammad Isa, bahwa jual beli saham itu diperbolehkan dalam agama. 8220Jangan kamu membeli ikan dalam ar, karena sesungguhnya jual beli eang demikian itu mengandung penipuan8221. (Hadis Ahmad bin Hambal dan Al Baihaqi dari Ibnu Mas8217ud) Jual beli barang yang tidak di tempat transaksi diperbolehkan dengan syarat harus diterangkan sifat-sifatnya atau ciri-cirinya. Kemudiano jika barang sesuai dengan keterangan penjual, maka sahlah jual belinya. Tetapi jika tidak sesuai, maka, pembeli, mempunyai, hak khiyar, artinya boleh, meneruskan, atau, membatalkan, jual belinya. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Daraquthni dari Abu Hurairah: 8220Barang siapa yang membeli sesuatu yang ia tidak melihatnya, maka ia berhak khiyar jika ia telah melihatnya8221. Jual beli Hasil tanam yang terpendam masih, ketela seperti, kentang, Bawang dan sebagainya juga diperbolehkan, asal diberi contohnya, Karena akan mengalami kesulitan atau kerugian jika Harus mengeluarkan Semua Hasil Tanaman yang terpendam untuk dijual. Hal ini sesuai dengan kaidah hukum Islã: Kesulitan itu menarik kemudahan. Demikian juga jual beli barang-barang yang telah terbungkus / tertutup, seperti makanan kalengan, LPG, dan sebagainya, asalkam diberi etiqueta yang menerangkan isinya. Vide Sabiq, op. Cit. Hal 135. Mengenai teks kaidah hukum Islão tersebut di atas, vide Al Suyuthi, Al-Asbah al-Nadzair, Mesir, Mustafa Muhammad, 1936 hal. 55. (Dihimpun dari beberapa sumber) FATWA DEWAN SYARI8217AH NASIONAL N. o 28 / DSN-MUI / III / 2002 Tentang JÚNIOR BELÍ MATA UANG (AL-SHARF) Menimbang: Mengingat: Memorando: MEMENTUSKAN: Menetapkan. FATWA TENTANG JUAL BELÍ MATA UANG (AL-SHARF) Pertama. Ketentuan Umum: Transaksi jual beli mata uang pada prinsipnya Boleh dengan ketentuan sebagai berikut: Tidak untuk spekulasi (Untung-untungan) Ada kebutuhan transaksi atau untuk berjaga-jaga (simpanan) Apabila transaksi dilakukan terhadap mata uang sejenis maka nilainya Harus sama dan secara tunai ( At-taqabudh). Apabila berlainan, jenis maka, harus, dilakukan, dengan, nilai, tukar (kurs), yang berlaku, pada saat, transaksi, dilakukan dan secara tunai. Kedua. Jenis-jenis Transaksi Endereço: Asing Transaksi Spot, yayu transaksi pembélian dan penjualan valuta asing (valas) untuk penyerahan pada saat itu (sobre o balcão) atau penyelesaiannya paling lambat dalam jangka waktu dua hari. Huckumnya adalah boleh, karena dianggap tunai, sedangkan waktu dua hari dianggap sebagai proses penyelesaian yang tidak bisa dihindari (161616171614 1614 161516171614 161616181615) Adicionar ao carrinho Dan merupakan transaksi internasional. Transaksi Atacante, transatlântico, pândalo, penjualan, valas, yang, nilainya, ditetapkan, pada, saat, sekarang, diberlakukan, untuk, waktu yang, akan datang, antara 2 x 24 jam sampai dengan satu tahun. Hukumnya adalah haram, Karena harga yang digunakan adalah harga yang diperjanjikan (muwa8217adah) dan penyerahannya dilakukan di kemudian hari, padahal harga pada waktu penyerahan tersebut Belum tentu sama dengan Nilai yang disepakati, kecuali dilakukan dalam bentuk frente acordo untuk kebutuhan yang tidak dapat dihindari (lil Hajah). Transaksi Swap, yaitu suatu kontrak pembeliano atau penjualan valas dengan harga mancha yang dikombinasikan dengan pembeliano antara penjualan valas yang sama dengan harga para a frente. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). Transaksi Option, yaitu kontrak untuk memperoleh hak dalam rangka membeli atau hak untuk menjual yang tidak harus dilakukan atas sejumlah unidade de valorização de um pada harga dan jangka waktu atau tanggal akhir tertentu. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). Ketiga: Fatwa ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuano jika de kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan, akan diubah dan disempurnakan sebagaimana mestinya. Ditetapkan di. Jacarta Tanggal. 14 Muharram 1423 H / 28 Maret 2002 M Berikut antara himpunan pendurar dan pandangan yang dikutip dari forum dan website. Terlalu panjang jika nak ambik semua, saya hanya pilih-pilih saja Kategori. Muamalat Tajuk. Hukum Perniagaan Wang Asing (forex) Isu: Keputusan. Mesyuarat Jawatankuasa Syariah yang bersidang pada hari ini 11 Zulkaedah 1425 bersamaan 23 Disember 2004 buat kali ke 164 bersetuju bahawa hukum perniagaan wang asing adalah harus. Mesyuarat juga mengambil maklum: 1.Tukaran wang telah lama berlaku dalam Ringgit Malásia dalam Rial (tujuan untuk menunaikan ibadah Haji). 2.Bertujuan untuk memenuhi keperluan hajat, bukan untuk mencari keuntungan semata. 3.Kebebasan perniagaan mata wang boleh, mengakibatkan, keruntuhan, nilai, ekonomi, Negara. Maka, yang, diharuskan, hanya, unguia, meme, hajat, semasa, sahaja. 4.Tukaran adalah keperluan ekonomi untuk pembangunan Negara. Baca. 5657 Oleh. Jawatankuasa Syariah Negeri Perak Responsável dr ustaz Zamerey Citação: Waalaikumussalam, Saudara Taufic, Terima kasih kerana sudi bertanya. Ada dua ISU Disini berikut adalah ringkasan kajian saya setakat hari ini: 1. Forex: Saya berkecenderungan kepada pandangan forex mengharamkan yang berbentuk spekulatif yang hanya mengambil Untung Hasil pergerakan turun naiknya sesuatu matawang yang diperdagangkan. Ini kerana ianya termasuk dalam kategori al-Najsh dan al-Ihtikar yang diharamkan oleh Rasulullah s. a.w. Manakala forex yang memorando memerlukan wang tersebut untuk tujuan kegunaan, maka ianya diharuskan. 2. Alavancagem: Ianya telah difatwakan haram oleh Akademi Feqh Islã Rabitah al-Alami al-Islami yang berpusat di Mekkah. Saya está aqui. Setakat hari ini, emanglê de padangan yang saya pegang. Wallahua8217lam. Semoga kita semua dijauhi dari rezeki yang haram dan syubhah. Estou dentro. Atenciosamente, Mohd Zamerey Abdul Razak, Chefe da Shariah. Ada lagi yang discutir isu ini8230sekadar berkongsi pendirian8230 1) Islão ini adalah Fiqh Muamalat 2) Forex câmbio hukumnya HARUS 2) Alavanca haram atau harus bukan sebab perkataan itu Leverage tetapi perlaksanaannya. (Bagi yang taksub akan membuta tuli kata alavanca itu haram sedangkan amalan alavanca bagi setiap broker berbeza). 3) Pelaksanaan Alavanca boleh jadi melalui pinjaman atau participação de lucros dimana corretor sediakan dana dan kita adalah mudharib, atau mana-mana pelaksanaan alavancagem seperti yang diamalkan corretor masing masing. 4) Andes kata, riba riba riba riba......................, Itu basicnya. Perbincangan lebih detalhe akan masuk kepada pelbagai jenis isu dimaná akan terdapat banyak isu khilafiah. Disini memerlukan e um berijtihad dimana kedudukan e um setelah menguasai kesemua isu-isu khilafiah itu. Anônimo said8230 ni pula mengenai Alavancagem, yg dijawab melalui e-mail .. Waalaikumussalam w. b.t8230. Leia mais Terima kasih diucapkan kepada Saudara Seeraj atas pertanyaan yang diajukan dan sokongan kepada ruangan forum ini. Memang semalam ada persoalan tentang alavancagem. Oleh kerana soalan tersebut telah menyebut nama seseorang, pihak pengurusan telah membuang soalan tersebut supaya perbincangan kita lebih telus dan tidak menyentuh mana-mana pihak. Akhlak dan kesatuan adalah penting dalam Islão dan bukan perpecahan serta pergaduhan yang dianjurkan. Terima kasih imagens de keperihatinan saudara itu. Diruangan yang terhad ini saya tidak bercadang untuk menterjemahkan definisi LEVANTAMENTO mengikut istilah perniagaan yang memeningkan kepala kerana ianya berbeza mengikut penggunaan di dalam sesuatu urusniaga. LEVERAGE yang berlaku dalam perdagangan FORAL adalah 8220como ganhar mais com menos8221 sebagaimana berikut: - Sebagai contoh. Kita mengambil urusniaga matawang asing yang melibatkan matawang GBP / USD. Sekiranya kita membuka akaun USD1,000 dan kita ingin membeli / menjual 1 lote GBP / USD, plataforma de pagamento de moeda corrente akan memotong USD100 dari akaun kita sebagai modal pusingan. Tetapi sekiranya alavancagem, plataforma hanya akan memotong USD50 untuk modal pusingan 1 lote tersebut. Ini merupakan kemudahan dan diskaun yang diberikan oleh pihak plataforma untuk meringankan modal pussingan kepada pedagang yang mempunyai akaun mini sahaja. Inilah yang dikatakan alavanca de keistimewaan ini hanya diberikan kepada pedagang yang mempunyai akaun mini sahaja. Akaun mini ialah jumlah akaun yang kurang dari USD50.000. Tetapi sekiranya akaun tersebut melebihi USD50,000 ke atas, keistimewaan ini tidak diberikan kepada pedagang (comerciante). Yang empalidecendo penting didalam perdagangan forex ini ialah setiap urusniaga yang dibenarkan serta kerugian maksimum yang akan ditanggung Oleh pedagang tidak akan melebihi dari jumlah pusingan modal yang terdapat di dalam akaun mereka. Sebagai contoh, sekiranya anda membuka akaun yang bernilai USD1,000 anda tidak akan menanggung sebarang kerugian melebihi modal tersebut iaitu USD1,000 walau apapun alavancagem yang anda perolehi dari pihak plataforma dan kerugian anda sama sekali tidak akan berganda dari keseluruhan modal yang anda laburkan. Dengan ini alavanca tidak menjadi halangan mengikut hukum syara8217 dalam perlaksanaannya kerana ianya merupakan diskaun atau keistimewaan yang diberikan kepada pedagang. Iny hanyalah kemudahan yang diberikan oleh pihak plataforma dengan harga yan lebih rendah khadada pedagang yang mempunyai modal yang kecil (mini akaun) iaitu akaun yang yang modalnya kurang dari USD50,000. Saya berharap penerangan saya yang ringkas ini dapat merungkaikan segala kekeliruan dan pemahaman yang silap tentang alavancar yang timbul dewasa ini dan juga menjawab kepada persoalan hukum tentang alavanca itu sendiri. Di dalam Islam 8220La ibrata bil musammayaat walakinna ibrata bil ma8217aani8221 (Pengajaran (hukum) bukan diambil dari Segi istilah sesuatu perkara bahkan pengajaran (hukum) diambil dari Cara perlaksanaannya). Sekian. Wassalam. Haji Habin Faisal bin Haji Mohamed Penasihat Syar8217ie / Shar8217ie Conselheiro KODANA Berhad. FATWA MUI TENTANG PERDAGANGAN VALÁS (FOREX) Fatwa Dewan Syari8217ah Nasional Majelis Ulama Indonésia no: 28 / DSN-MUI / III / 2002, tentáculo Jual Beli Mata Uang (Al-Sharf). Menimbang: a. Bahwa dalam sejumlah kegiatan untuk memenuhi berbagai keperluan, seringkali diperlukan transaksi jual-beli mata uang (al-sharf), baik antar mata uang sejenis maupun antar mata uang berlainan jenis. B. Bahwa dalam 8216urf tijari (tradição perdagangan) transaksi jual beli mata uang dikenal beberapa bentuk transaksi yang estado hukumnya dalam pandang ajaran islão berbeda antara satu bentuk dengan bentuk lain. C. Bahwa agar kegiatan transaksi tersebut dilakukan sesuai dengan ajaran islam, DSN memandang perlu menetapkan fatwa tentang al-Sharf untuk dijadikan pedoman. Mengingat. 8221 Firman Allah, QS. Al-Baqarah2: 275: 82208230Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba82308221 8221 Hadis nabi riwayat al-Baihaqi dan Ibnu Majah dari Abu Sa8217id al-Khudri: Rasulullah SAW bersabda, 8216Sesungguhnya jual beli itu hanya Boleh dilakukan atas dasar kerelaan (antara kedua Belah Pihak) 8217 (HR al-baihaqi dan Ibnu Majah, dan dinilai shahih oleh Ibnu Hibban). 8221 Hadis Nabi Riwayat muçulmanos, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa8217i, dan Ibn Majah, teks dengan muçulmana dari 8216Ubadah bin Shamit, Nabi viu bersabda: 8220 (Juallah) emas dengan emas, perak dengan perak, Gandum dengan Gandum, sya8217ir dengan sya8217ir, kurma Dengan kurma, garam dengan garam (denga syarat harus) sama dan sejenis serta secara tunai. Jika jenisnya berbeda, juhah sekehendakmu jika dilakukan secara tunai.8221. 8221 Hadis Nabi riwayat muçulmana, Tirmidzi, Nasa8217i, Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad, dari Umar bin Khattab, Nabi s. a.w bersabda: 8220 (Jual-beli) emas dengan perak adalah riba kecuali (dilakukan) secara tunai.8221. 8221 Hadis Nabi riwayat muçulmana dari Abu Sa8217id al-Khudri, Nabi viu bersabda: Janganlah kamu menjual emas dengan emas kecuali sama (nilainya) dan janganlah menambahkan sebagian atas sebagian yang deitado janganlah menjual perak dengan perak kecuali sama (nilainya) Dan janganlah atas sebagaian menambahkan Sebagian yang lain, dan janganlah, menjual, emas, perak, tersebut, yang, tidak, tunai, dengan, yang, tunai. 8221 Hadis Nabi riwayat muçulmano dari Bara8217 bin 8216Azib dan Zaid bin Arqam. Rasulullah viu melarang menjual perak dengan emas secara piutang (tidak tunai). 8221 Hadis Nabi riwayat Tirmidzi dari Amr bin Auf: 8220Perjanjian dapat dilakukan di antara kaum Muslimin, kecuali perjanjian yang mengharamkan yang atau halal menghalalkan yang haram dan kaum Muslimin terikat dengan syarat-syarat mereka kecuali syarat yang mengharamkan yang atau halal menghalalkan yang haram.8221 8221 Ijma Ulama sepakat (ijma8217) bahwa akad al-sharf disyariatkan dengan syarat-syarat tertentu. Memorando de entendimento: 1. Surat dari pimpinah Unidade Usaha Syariah Banco BNI no. UUS / 2/878 2. Pendapat peserta Rapat Pleno Dewan Syari8217ah Nasional pada Hari Kamis, tanggal 14 Muharram 1423H / 28 de março de 2002. MEMUTUSKAN Dewan Syari8217ah Nasional Menetapkan. FATWA TENTANG JUAL BELÍ MATA UANG (AL-SHARF). Pertama. Ketentuan Umum Transaksi jual beli mata uang pada prinsipnya boleh dengue ketentuan sebagai berikut: a. Tidak untuk spekulasi (untung-untungan). B. Ada kebutuhan transaksi atau untuk berjaga-jaga (simpanan). C. Apabila transaksi dilakukan terhadap mata uang sejenis maka nilainya harus sama e secara tunai (at-taqabudh). D. Apabila berlainan jenis maka, harus, dilakukan, dengan, nilai, tukar (kurs), yang, berlaku, pata, saat, transaksi, secara, tunai. Keduá. Jenis-Jenis transaksi Valuta Asing a. Transaksi SPOT, yaitu transaksi pembelian dan penjualan valuta asing untuk penyerahan pada saat itu (over the counter) atau penyelesaiannya empalidecendo lambat dalam jangka waktu dua hari. Hukumnya adalah boleh, Karena dianggap tunai, sedangkan waktu dua hari dianggap sebagai proses penyelesaian yang tidak bisa dihindari dan merupakan transaksi internasional. b. Transaksi FRENTE, yaitu transaksi pembelian dan penjualan valas yang nilainya ditetapkan pada saat sekarang dan diberlakukan untuk waktu yang akan datang, antara 221524 jam sampai dengan satu tahun. Hukumnya adalah haram, Karena harga yang digunakan adalah harga yang diperjanjikan (muwa8217adah) dan penyerahannya dilakukan di kemudian hari, padahal harga pada waktu penyerahan tersebut Belum tentu sama dengan Nilai yang disepakati, kecuali dilakukan dalam bentuk frente acordo untuk kebutuhan yang tidak dapat dihindari (lil Hajah). c. Transaksi SWAP yaitu Suatu kontrak pembelian atau penjualan valas dengan harga local yang dikombinasikan dengan pembelian Antara penjualan valas yang sama dengan harga frente. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). d. Transaksi OPÇÃO yaitu kontrak untuk memperoleh hak dalam rangka membeli atau hak untuk menjual yang tidak Harus dilakukan atas sejumlah unidade valuta asing pada harga dan jangka waktu atau Tanggal akhir tertentu. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). Ketiga. Fatwa ini berlaku sejak Tanggal ditetapkan, dengan ketentuan jika di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan, diubah akan dan disempurnakan sebagaimana mestinya. Ditetapkan di. Jacarta Tanggal. 14 Muharram 1423 H / 28 Maret 2002 M DEWAN SYARI8217AH NASIONAL MAJELIS ULAMA INDONÉSIA Soalan salam ustaz. Saya nak tanya, perniagaan menukar mata wang asing yang dalam dilakukan internet macam forex adakah halal disisi agama Saya Belum mengkaji tentang FOREX. Jadi tidak dapat saya membro jawapan yang spesifik sama ada harus atau tidak. Namun sebagai panduan untuk melabur, saudara hendaklah mengambil perhatian hal-hal berikut 1. Jika urus-niaga mata wang yang dijalankan (sebagaimana yang didakwa dalam FOREX itu), ia wajib mematuhi syarat-syarat pertukaran matawang yang ditetapkan Syarak, iaitu a) Sekiranya pertukaran dengan yang sama jenis seperti RM (Ringgit Malaysia) dengan RM (Ringgit Malaysia), wajib sama kadarnya dan wajib berlaku penyerahan secara tunai ketika akad dari kedua-dua pihak (penjual dan pembeli). b) Sekiranya pertukaran dengan jenis yang tidak sama seperti RM (Ringgit Malaysia) dengan USD (Dolar Amerika), maka diharuskan berlaku perbezaan kadar tetapi wajib berlaku penyerahan secara tunai ketika aqad, yakni tidak harus ditangguhkan pembayaran dari mana-mana pihak. c) Jika penjual dan pembeli berpisah tanpa menyerahkan tukaran wang masing-masing atau salah seorang dari mereka tidak menyerahnya, maka jual-beli matawang itu dikira batal atau tidak sah. Ini kerana berlaku tukaran secara tunai adalah antara syarat terpenting dalam as-Sarf (pertukaran matawang) dalam Syari8217at Islam. Menurut Imam Ibnu al-Munzir 8220Sekelian ulamak telah ijmak (sepakat) bahawa dua orang yang melakukan akad pertukaran matawang, jika mereka berpisah sebelum saling menerima wang pertukaran masing-masing, maka akad pertukaran itu adalah fasid (batal, tidak sah)8221. Ijmak ini berdalilkan hadis Nabi s. a.w. 8220(Pertukaran) emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum, tamar dengan tamar, garam dengan garam, hendaklah sama timbangan dan sukatannya dan hendaklah timbal-terima (yakni tunai). Jika berlainan jenis, maka berjual-belilah mengikut yang kamu sukai dengan syarat timbal-terima (tunai)8221 (HR Imam Muslim dari 8216Ubadah bin Somit r. a.). Emas dan perak adalah matawang yang digunakan zaman dahulu. Sekarang ini, ia diambil-alih oleh wang-wang kertas. Kerana itu, para ulamak meletakkan hukum wang kertas menyamai hukum emas dan perak dalam masalah pertukaran, kewajipan zakat, permodalan dan sebagainya. 2. Jika ia berkait dengan pelaburan, hendaklah diperhatikan akad pelaburan yang mana digunakan mengikut Syarak mudarabahkah, musyarakahkah atau lainnya. Juga perlu diperhatikan adakah sistem pelaburan itu memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan Syarak mengikut jenis pelaburan tadi. Satu lagi, ke mana modal akan dilaburkan juga perlu diperhatikan jika wang pelaburan disalurkan kepada perniagaan/pengeluaran yang haram (cth. nya perniagaan arak, judi dan sebagainya) haramlah kita melibatkan diri dalam pelaburan tersebut walaupun akad mudarabah yang digunakan. Firman Allah 82208230dan janganlah kamu saling bantu-membantu dalam dosa dan pelanggaran (Syari8217at Allah)8221. 3. Jika keuntungan melalui perniagaan hendaklah dipastikan perniagaan memenuhi syarat-syarat jual-beli mengikut Islam dan bebas dari segala unsur-unsur yang dilarang Syari8217at. Untuk selamat, seboleh-bolehnya seorang muslim jangan menceburi satu pelaburan melainkan setelah jelas kedudukannya dari sudut Syari8217at sama ada dengan bertanya alim-ulamak, merujuk panel Syari8217ah atau sebagainya. Sebaik-baiknya, utamakan pelaburan dalam Syarikat Muslim kerana ia sedikit-sebanyak memberi sumbangan memartabatkan ekonomi ummah. Biar untung sederhana, tetapi hati tenang menikmati yang halal berbanding untung banyak tetapi hati sentiasa dihantui keraguan. Posted by USTAZ AHMAD ADNAN FADZIL Pandangan Professor Kewangan Islam Saudara/i, Kalau kita mengkaji banyak pandangan dari pakar-pakar kewangan islam yang terlibat langsung dengan kewangan islam dan pernah membentang kertas kerja di forum kewangan islam. Majoriti bersetuju menyatakan leverage adalah harus (permissible). Seperti kata Professor Humayon Dar, Managing Director of Dar Al Istithmar in London (Examines the Shari8217ah aspects of the emerging Islamic hedge funds)8230 82208230Shari8217ah does not have problems with leverage as long as it is achieved through Islamic debt. Leverage is not a Shari8217ah concern, rather it is an economic issue82308221 Rujuk: islamicfinanceandbanking. blog8230mic-hedge. html Kalau mengambil kata-kata beliau, saya mengambil contoh leverage dalam akaun islamik leverage yang dikenakan tidak dikenakan sebarang interest (interest-free). Juga kalau kita overnight pun tidak ada apa-apa interest (berbanding conventional dikenakan interest kalau overnight). Saya rasa perlunya kita merujuk banyak pihak yg mahir dan terlibat secara langsung dalam kewangan islam. Bukan sekadar merujuk seorang. Kemudian buat hukum tanpa perbincangan.

No comments:

Post a Comment